Jumat, 27 November 2009

Temuan Cincin baru di Planet Saturnus

Laboratoriun Propulsi Jet(JPL) milik NASA beberapa hari lalu mengumumkan temuan baru.

Di sekitar planet Saturnus ditemukan cincin yg ukuranya lebih besar dari yg selama ini telah dtemukan d Planet Saturnus.

Cincin itu berupa lingkaran besar transparan yang mengitari planet Saturnus.Orbitnya miring 27 derajat dari cincin utama Saturnus. Ketebalannya sebesar 6 juta km dengan jarak sekitar 12 juta km dari Saturnus.


Diameternya hampir sama dengan jajaran 300 planet Saturnus yang lainnya , diperkirakan seluruh volume cincin dapat diisi dengan 1 juta bumi .

Cincin raksasa itu diperkirakan terdiri atas partikel es dan debu.Meski partikel debu, cincin sangat dingin diperkiran suhuNya mencapai minus 158 derajat celcius.

Partikelnya betul-betul kecil sehingga cincin ini tipis sekali. Bila berada dekat di cincin tersebut kita tidak dapal melihat bentuk cincinya.

Selama ini yang tercatat oleh para astronom Saturnus memiliki tujuh cincin utama.Sumber material cincin terbesar tersebut diduga berasal dari Phoebe, salah satu bulan Saturnus yang mengorbit di dalam cincin .Phoebe diduga bertabrakan dengan lapetus.
(BBC/NYtimes/Media Indonesia)

1 komentar:

delvita mengatakan...

wow...menakjubkan
nice post

Posting Komentar

Artikel Terkait:

 

Counter Powered by  RedCounter

Find broken links on your website for free with LinkTiger.com

Google bot last visit powered by Bots Visit