Tugas 4
Tata kerja, Prosedur kerja, dan Sistem kerja
Mengapa tata kerja, system kerja maupun prosedur kerja merupakan
satu kesatuan yang bulat, jelaskan secara singkat!
: ketiga – tiganya merupakan tindak lanjut dalam rangka
pelaksanaan suatu bidang pekerjaan tertentu.
Jelaskan perbedaan pengertian antara tata kerja, system kerja, dan
prosedur kerja. Dari ketiga kergiatan tersebut menurut saudara
mana yang paling penting?
: - Tata kerja
: merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau
bias mencapai tingkat efisien yang maksimal.
- Prosedur
: merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu
pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana,
kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang
harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
- Sistem
: merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi
satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan
suatu pekerjaan.
Sebutkan prinsip – prinsip yang harus dipakai dalam penggunaan
tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja. Apa kegunaan prinsip
– prinsip tersebut bagi pelaksanaan kegiatan ketiga hal tersebut.
: - Tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja harus disusun
dengan memperharikan segi – segi tujuan, fasilitas, peralatan,
material, biaya, dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam,
dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
- Untuk mempersiapkan hal – hal itu dengan setepat – tepatnya maka
haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tentang
tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi jabatan, analisa
jabatan, unsur kegiatan organisasi dan semacamnya.
- Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan
prosedurnya.
Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap – tiap
detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang
diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.
- Dalam penetapan tahap demi tahap dalam rangkaian pekerjaan maka
antara tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul – betul
terdapat saling hubungan yang sangat erat yang keseuruhannya
menuju kea rah satu tujuan.
- Dan tiap – tiap tahap itu harus betul – betul merupakan suatu
kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian
seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.
- Harus ditetapkan pula skill atau kecakapan dan keterampilan
tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian bidang tugas
termaksud. Jadi ini dimaksudkan untuk tidak memperpanjang prosedur
kerja.
- Tata kerja, procedur kerja, dan system kerja itu harus disusun
sedemikian rupa sehingga memiliki stabilitas dan fleksibilitas..
- Perlu diperhatikan bahwa penyusunan system, prosedur, dan tata
kerja harus selalu disesuaikan dewngan kemajuan jaman dan
teknologi, jadi haru dijaaga updateednessnya.
- Untuk penggambaran tentang penerapan sesuatu prosedur tertentu
sebaiknya dipergunakan tanda – tanda atau symbol dan skema atau
bagan prosedur dengan setepat – tepatnya.
- Untuk menjamin tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja yang
setepat – tepatnya, maka adanya buku – buku pedoman ( manuals )
tentang hal – hal itu mutlak perlu dipersiapkan.
Mengapa dalam tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus
selalu disusun untuk memiliki sifat stabilitas dan fleksibilitas.
Jelaskan dan beri contoh!
: - Stabilitas
: maksudnya bahwa system, tata, dan prosedur kerja itu harus
mengandung unsur tetap sehingga menjamin kelancaran dan kemantapan
kerja.
- Fleksibilitas
: artinya bahwa dalam pelaksanaanya tidak kaku tetapi harus luwes
yaitu masih memungkinkan diadakannya saling pergantian tugas.
Contoh :
Salah seoerang tidak masuk atau kebetulan salah satu mesin macet,
maka pekerjaan harus tetap dapat terlaksana dan diselesaikan.
Jelaskan pengertian updateness suatu penyusunan system, prosedur
dan tata kerja!
: Bahwa tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus selalu
mengikuti perkembangan ( up to date ) dan kemajuan jaman dan
teknologi.
Mengapa tata kerja, system kerja maupun prosedur kerja merupakan
satu kesatuan yang bulat, jelaskan secara singkat!
: ketiga – tiganya merupakan tindak lanjut dalam rangka
pelaksanaan suatu bidang pekerjaan tertentu.
Jelaskan perbedaan pengertian antara tata kerja, system kerja, dan
prosedur kerja. Dari ketiga kergiatan tersebut menurut saudara
mana yang paling penting?
: - Tata kerja
: merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau
bias mencapai tingkat efisien yang maksimal.
- Prosedur
: merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu
pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana,
kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang
harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
- Sistem
: merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi
satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan
suatu pekerjaan.
Sebutkan prinsip – prinsip yang harus dipakai dalam penggunaan
tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja. Apa kegunaan prinsip
– prinsip tersebut bagi pelaksanaan kegiatan ketiga hal tersebut.
: - Tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja harus disusun
dengan memperharikan segi – segi tujuan, fasilitas, peralatan,
material, biaya, dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam,
dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
- Untuk mempersiapkan hal – hal itu dengan setepat – tepatnya maka
haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tentang
tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi jabatan, analisa
jabatan, unsur kegiatan organisasi dan semacamnya.
- Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan
prosedurnya.
Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap – tiap
detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang
diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.
- Dalam penetapan tahap demi tahap dalam rangkaian pekerjaan maka
antara tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul – betul
terdapat saling hubungan yang sangat erat yang keseuruhannya
menuju kea rah satu tujuan.
- Dan tiap – tiap tahap itu harus betul – betul merupakan suatu
kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian
seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.
- Harus ditetapkan pula skill atau kecakapan dan keterampilan
tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian bidang tugas
termaksud. Jadi ini dimaksudkan untuk tidak memperpanjang prosedur
kerja.
- Tata kerja, procedur kerja, dan system kerja itu harus disusun
sedemikian rupa sehingga memiliki stabilitas dan fleksibilitas..
- Perlu diperhatikan bahwa penyusunan system, prosedur, dan tata
kerja harus selalu disesuaikan dewngan kemajuan jaman dan
teknologi, jadi haru dijaaga updateednessnya.
- Untuk penggambaran tentang penerapan sesuatu prosedur tertentu
sebaiknya dipergunakan tanda – tanda atau symbol dan skema atau
bagan prosedur dengan setepat – tepatnya.
- Untuk menjamin tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja yang
setepat – tepatnya, maka adanya buku – buku pedoman ( manuals )
tentang hal – hal itu mutlak perlu dipersiapkan.
Mengapa dalam tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus
selalu disusun untuk memiliki sifat stabilitas dan fleksibilitas.
Jelaskan dan beri contoh!
: - Stabilitas
: maksudnya bahwa system, tata, dan prosedur kerja itu harus
mengandung unsur tetap sehingga menjamin kelancaran dan kemantapan
kerja.
- Fleksibilitas
: artinya bahwa dalam pelaksanaanya tidak kaku tetapi harus luwes
yaitu masih memungkinkan diadakannya saling pergantian tugas.
Contoh :
Salah seoerang tidak masuk atau kebetulan salah satu mesin macet,
maka pekerjaan harus tetap dapat terlaksana dan diselesaikan.
Jelaskan pengertian updateness suatu penyusunan system, prosedur
dan tata kerja!
: Bahwa tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus selalu
mengikuti perkembangan ( up to date ) dan kemajuan jaman dan
teknologi.
Selasa, 22 Desember 2009
Tata kerja, Prosedur kerja, dan Sistem kerja
Posted by Unknown on Selasa, Desember 22, 2009
5 komentar:
adoi xbole polo pon..huhu
gag ngerti
segala sesuatu ada systemnya mulai dari organisasi besar sampai yang kecil jgnkan organisasi bangunan pun ada sign system sebagai penunjuk informasi
kalo contoh dari sitem kerja prosedur kerja dan tata kerja itu apa?
GCKOMPLIT
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar
Artikel Terkait: