Selasa, 22 Desember 2009

Tata kerja, Prosedur kerja, dan Sistem kerja

Tugas 4

Tata kerja, Prosedur kerja, dan Sistem kerja

Mengapa tata kerja, system kerja maupun prosedur kerja merupakan

satu kesatuan yang bulat, jelaskan secara singkat!

: ketiga – tiganya merupakan tindak lanjut dalam rangka


pelaksanaan suatu bidang pekerjaan tertentu.

Jelaskan perbedaan pengertian antara tata kerja, system kerja, dan

prosedur kerja. Dari ketiga kergiatan tersebut menurut saudara

mana yang paling penting?

: - Tata kerja

: merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau

bias mencapai tingkat efisien yang maksimal.

- Prosedur

: merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu

pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana,

kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang

harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.

- Sistem

: merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi

satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan

suatu pekerjaan.

Sebutkan prinsip – prinsip yang harus dipakai dalam penggunaan

tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja. Apa kegunaan prinsip

– prinsip tersebut bagi pelaksanaan kegiatan ketiga hal tersebut.

: - Tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja harus disusun

dengan memperharikan segi – segi tujuan, fasilitas, peralatan,

material, biaya, dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam,

dan sifat dari tugas atau pekerjaan.

- Untuk mempersiapkan hal – hal itu dengan setepat – tepatnya maka

haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tentang

tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi jabatan, analisa

jabatan, unsur kegiatan organisasi dan semacamnya.

- Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan

prosedurnya.

Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap – tiap

detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang

diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.

- Dalam penetapan tahap demi tahap dalam rangkaian pekerjaan maka

antara tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul – betul

terdapat saling hubungan yang sangat erat yang keseuruhannya

menuju kea rah satu tujuan.

- Dan tiap – tiap tahap itu harus betul – betul merupakan suatu

kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian

seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.

- Harus ditetapkan pula skill atau kecakapan dan keterampilan

tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian bidang tugas

termaksud. Jadi ini dimaksudkan untuk tidak memperpanjang prosedur

kerja.

- Tata kerja, procedur kerja, dan system kerja itu harus disusun

sedemikian rupa sehingga memiliki stabilitas dan fleksibilitas..

- Perlu diperhatikan bahwa penyusunan system, prosedur, dan tata

kerja harus selalu disesuaikan dewngan kemajuan jaman dan

teknologi, jadi haru dijaaga updateednessnya.

- Untuk penggambaran tentang penerapan sesuatu prosedur tertentu

sebaiknya dipergunakan tanda – tanda atau symbol dan skema atau

bagan prosedur dengan setepat – tepatnya.

- Untuk menjamin tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja yang

setepat – tepatnya, maka adanya buku – buku pedoman ( manuals )

tentang hal – hal itu mutlak perlu dipersiapkan.


Mengapa dalam tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus

selalu disusun untuk memiliki sifat stabilitas dan fleksibilitas.

Jelaskan dan beri contoh!

: - Stabilitas

: maksudnya bahwa system, tata, dan prosedur kerja itu harus

mengandung unsur tetap sehingga menjamin kelancaran dan kemantapan

kerja.

- Fleksibilitas

: artinya bahwa dalam pelaksanaanya tidak kaku tetapi harus luwes

yaitu masih memungkinkan diadakannya saling pergantian tugas.

Contoh :

Salah seoerang tidak masuk atau kebetulan salah satu mesin macet,

maka pekerjaan harus tetap dapat terlaksana dan diselesaikan.

Jelaskan pengertian updateness suatu penyusunan system, prosedur

dan tata kerja!

: Bahwa tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus selalu

mengikuti perkembangan ( up to date ) dan kemajuan jaman dan

teknologi.

Mengapa tata kerja, system kerja maupun prosedur kerja merupakan

satu kesatuan yang bulat, jelaskan secara singkat!

: ketiga – tiganya merupakan tindak lanjut dalam rangka

pelaksanaan suatu bidang pekerjaan tertentu.

Jelaskan perbedaan pengertian antara tata kerja, system kerja, dan

prosedur kerja. Dari ketiga kergiatan tersebut menurut saudara

mana yang paling penting?

: - Tata kerja

: merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau

bias mencapai tingkat efisien yang maksimal.

- Prosedur

: merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu

pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana,

kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang

harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.

- Sistem

: merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi

satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan

suatu pekerjaan.

Sebutkan prinsip – prinsip yang harus dipakai dalam penggunaan

tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja. Apa kegunaan prinsip

– prinsip tersebut bagi pelaksanaan kegiatan ketiga hal tersebut.

: - Tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja harus disusun

dengan memperharikan segi – segi tujuan, fasilitas, peralatan,

material, biaya, dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam,

dan sifat dari tugas atau pekerjaan.

- Untuk mempersiapkan hal – hal itu dengan setepat – tepatnya maka

haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tentang

tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi jabatan, analisa

jabatan, unsur kegiatan organisasi dan semacamnya.

- Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan

prosedurnya.

Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap – tiap

detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang

diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.

- Dalam penetapan tahap demi tahap dalam rangkaian pekerjaan maka

antara tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul – betul

terdapat saling hubungan yang sangat erat yang keseuruhannya

menuju kea rah satu tujuan.

- Dan tiap – tiap tahap itu harus betul – betul merupakan suatu

kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian

seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.

- Harus ditetapkan pula skill atau kecakapan dan keterampilan

tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian bidang tugas

termaksud. Jadi ini dimaksudkan untuk tidak memperpanjang prosedur

kerja.

- Tata kerja, procedur kerja, dan system kerja itu harus disusun

sedemikian rupa sehingga memiliki stabilitas dan fleksibilitas..

- Perlu diperhatikan bahwa penyusunan system, prosedur, dan tata

kerja harus selalu disesuaikan dewngan kemajuan jaman dan

teknologi, jadi haru dijaaga updateednessnya.

- Untuk penggambaran tentang penerapan sesuatu prosedur tertentu

sebaiknya dipergunakan tanda – tanda atau symbol dan skema atau

bagan prosedur dengan setepat – tepatnya.

- Untuk menjamin tata kerja, prosedur kerja, dan system kerja yang

setepat – tepatnya, maka adanya buku – buku pedoman ( manuals )

tentang hal – hal itu mutlak perlu dipersiapkan.


Mengapa dalam tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus

selalu disusun untuk memiliki sifat stabilitas dan fleksibilitas.

Jelaskan dan beri contoh!

: - Stabilitas

: maksudnya bahwa system, tata, dan prosedur kerja itu harus

mengandung unsur tetap sehingga menjamin kelancaran dan kemantapan

kerja.

- Fleksibilitas

: artinya bahwa dalam pelaksanaanya tidak kaku tetapi harus luwes

yaitu masih memungkinkan diadakannya saling pergantian tugas.

Contoh :

Salah seoerang tidak masuk atau kebetulan salah satu mesin macet,

maka pekerjaan harus tetap dapat terlaksana dan diselesaikan.

Jelaskan pengertian updateness suatu penyusunan system, prosedur

dan tata kerja!

: Bahwa tata kerja, system kerja, dan prosedur kerja harus selalu

mengikuti perkembangan ( up to date ) dan kemajuan jaman dan

teknologi.

5 komentar:

SyAfaWaNi ♥‿♥ mengatakan...

adoi xbole polo pon..huhu

Unknown mengatakan...

gag ngerti

sign system mengatakan...

segala sesuatu ada systemnya mulai dari organisasi besar sampai yang kecil jgnkan organisasi bangunan pun ada sign system sebagai penunjuk informasi

Anonim mengatakan...

kalo contoh dari sitem kerja prosedur kerja dan tata kerja itu apa?

SAE mengatakan...

GCKOMPLIT

Posting Komentar

Artikel Terkait:

 

Counter Powered by  RedCounter

Find broken links on your website for free with LinkTiger.com

Google bot last visit powered by Bots Visit

free counters