Kamis, 14 Juni 2012

Keuntungan dan Kerugian Open source



Software Open Source sangat diminati berbagai kalangan saat ini , karena program ini memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan buat para penggunanya . Dari mulai biaya yang lebih murah dibanding Software berbayar hingga bisa melihat beberapa source code program tersebut .






Software Open Source menyediakan source code untuk memodifikasi berbagai code program , jadi kita bisa mengimprovisasi code program tersebut sesuai batas norma yang berlaku . Dengan source code ini akan membuat para pengembang sangat kreatif dalam melakukan pengembangan software . Selain itu pengembang mendapatkan hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada code .Hal ini merupakan perbedaan Open Source Software dengan Free Software. Pada kenyataannya, hak pendistribusian diakui dan merupakan hal yang umum, ini adalah hal yang berpengaruh bagi sekumpulan developer ( pengembang ) untuk bekerja bersama dalam project Open Source Software.Kelebihan yang lain dalam Open Source Software adalah hak untuk menggunakan softwareIni merupakan kombinasi dari hak pendistribusian, menjamin ( jika software cukup berguna ) beberapa user yang mana membantu dalam menciptakan pasar untuk mendukung dan berlangganan software. Hal ini juga membantu dalam improvisasi kualitas dari produk dan improvisasi secara fungsi. Selain itu akan menyebabkan sejumlah user untuk mencoba produk dan mungkin menggunakannya secara regler.





Dari beberapa keuntungan dalam Open Source Software ini terdapat beberapa kerugian Open Source Software . Beberapa karakteristik yang menyebabkan Open Source model mendapatkan kerugian yang pertama yaitu tidak adanya garansi dari pengembangan .


Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.






Selain itu masalah yang berhubungan dengan intelektual property


Pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatentkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah software di patenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property. Yang terakhir kesulitan dalam mengetahui status project


Tidak banyak iklan bagi open source software, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan merketing.




sumber




0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait:

 

Counter Powered by  RedCounter

Find broken links on your website for free with LinkTiger.com

Google bot last visit powered by Bots Visit